Tips Hadirkan CV Menarik Untuk Dilirik HRD

October 5, 2020 by No Comments

Cv atau curriculum vitae adalah satu hal yang sangat penting dan sangat menentukan dilirik atau tidaknya oleh HRD. Pasalnya, CV dijadikan sebagai hal penting untuk seleksi karyawan dan mengetahui kompetensi pelamar. Tak heran jika hanya dari CV maka HrD langsung dapat mengetahui kandidat yang kiranya dibutuhkan dan harus disisihkan. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui contoh lamaran kerja untuk agar dilirik oleh HRD dan mendapatkan panggilan wawancara.

www.masukuniversitas.com

Cara Membuat Cv Agar Terkesan Menarik

Cv yang dilirik oleh HRD tentunya bukan sembarang CV. Namun, CV yang berisikan informasi lengkap terkait data diri dan segala kompetensi yang dimiliki. namun, cara penulisannya harus diperhatikan agar bisa menarik perhatian HRD. Berikut cara membuat CV agar lebih menarik sesuai contoh lamaran kerja.

  1. Pahami Isi Cv Terlebih Dahulu

Cara pertama yang bisa digunakan untuk membuat CV lebih menarik adalah dengan memahami isinya terlebih dahulu. Anda harus mengetahui apa saja hal yang wajib dicantumkan dalam CV. Pasalnya, jika bagian ini terlewat maka bisa mengurangi nilai Anda di mata HRD. Sehingga penting untuk mengetahui bagian apa saja yang wahib dicantumkan dan tak perlu dicantumkan.

Bagian-bagian yang wajib dicantumkan seperti identitas diri, pendidikan, personalitas, keterampilan, hingga berbagai pelatihan yang pernah diikuti. Pastikan kualifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki. pasalnya, semenarik apa pun CV Anda akan menjadi percuma jika tak sesuai dengan kompetensinya.

  1. Gunakan Desain Sederhana Namun Menarik

Desain menjadi hal yang menentukan menarik atau tidaknya CV Anda. bagaimana tidak, melalui desain inilah nantinya HRD akan memiliki ketertarikan untuk membaca lebih dalam atau tidak. Gunakan desain menarik dengan tulisan yang jelas, tidak typo, dan sesuai penggunaan. Pemilihan desain juga bisa diperhatikan dengan bagian apa yang Anda lamar. Misal CV design grafis pasti akan berbeda untuk keperluan melamar administrasi. Sehingga pastikan kelayakan penggunaan desainnya terlebih dahulu.

  1. Kontak Yang Dapat Dihubungi

Cv juga harus mengandung kontak yang dapat dihubungi beserta dengan data diri pribadi. Hal ini digunakan untuk keperluan panggilan wawancara nantinya. Pastikan kontak yang tercantum adalah kontak aktif yang mudah dihubungi. Sehingga nantinya HRd tak akan kesulitan saat akan memanggil Anda sebagai kandidat wawancara.

Pengiriman lamaran kerja via email memang membutuhkan ketelitian, kesabaran, hingga kedisiplinan. Anda juga harus melakukan riset dan mengganti CV secara berkala sheingga mengetahui kesalahan dalam pembuatan. Bisa juga tanyakan secara langsung pada teman terkait contoh lamaran kerja utnuk dijadikan referensi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *