Dokumen Yang Harus Ada Sebelum Transaksi Mobil Bekas

October 4, 2020 by No Comments

Membeli mobil bekas saat ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan kendaraan dengan harga terjangkau. Bagaimana tidak, harganya bisa setengah harga dari mobil barunya. Namun, rupanya tak akan menjadi masalah jika Anda dapat membeli mobil bekas idaman yang berkualitas. Untuk itu, diperlukan beberapa informasi mobil bekas yang penting diketahui sebelum membelinya.

infomobilbekas.com

Salah satu hal yang tak boleh dilupakan adalah masalah dokumen. Ada beberapa dokumen yang wajib ada sebelum Anda membeli mobil bekas. Dokumen ini tak hanya masalah kelengkapan saja namun akan menentukan nasib mobil tersebut ke depan. Berikut daftar dokumen yang wajib ada saat membeli mobil bekas.

BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)

Dokumen pertama yang wajib ada saat membeli mobil bekas adalah BPKB. Dokumen ini akan menentukan apakah si penjual merupakan pemilik sah kendaraan atau bukan. Sehingga kehadirannya tak bisa lagi ditawar. Baca dengan teliti setiap informasi mobil bekas yang terdapat dalam dokumen tersebut. Jangan sampai data tidak sinkron dengan data penjual karena dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

Sebelum melakukan transaksi, Anda juga harus memastikan terkait keaslian BPKB yang diterima. Caranya adalah dengan melihat hologram Tri Brata polri dan juga benang hologram pada halaman BPKB. Hologram tersebut akan nampak saat dicek dengan sinar ultra violet.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan Lembar Pajak

Dokumen penting selanjutnya yang wajib ada sebelum melakukan transaksi jual beli mobil bekas adalah STNK. Pastikan jika surat tersebut sesuai dengan detail kendaraan. Perhatikan juga bagian lembar pajaknya. Pastikan jika pajak dibayar secara tepat waktu jangan sampai melebihi tanggal jatuh tempo. Pastikan tanda pajak belum kadaluarsa sehingga nantinya Anda akan mudah dalam melakukan pengurusan setiap hak kendaraan.

Faktur

Tak hanya BPKB dan STNK saja, faktur juga menjadi dokumen penting yang tak boleh ditinggalkan. Dokumen ini merupakan bukti pembelian yang diberikan dealer saat menerima kendaraan dari pabrik. Dokumen ini berisi informasi lengkap mengenai detail kendaraan mulai dari nomor mesin, nomor rangka, harga jual, hingga nama pembeli. Dokumen ini juga dikenal sebagai istilah surat lahir kendaraan.

Kelengkapan dokumen pada transaksi mobil menjadi hal paling penting yang tak boleh dilupakan. Pasalnya, tanpa dokumen di atas mobil bekas tak akan berkualitas dan berharga. Sehingga tak hanya wajib mengecek kondisi mobil saja, namun dokumen beserta informasi mobil bekas juga wajib Anda selidiki sebelumnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *